PENGETIAN EKONOMI ISLAM

Pengertian ekonomi islam menurut  Anto (2003) sebagai berikut:
  • Ekonomi islam adalah ilmu yang mempelajari masalah-masalah ekonomi masyarakat dalam perspektif nilai -nilai islam (Mannan, 1986;hlm. 18).
  • Ekonomi islam didefinisikan sebagai cabang ilmu yang membantu merealisasikan kesejahteraan manusia melalui alokasi dan distribusi sumber daya yang langka, yang sejalan dengan ajaran islam,  tanpa membatasi kebebasan individu ataupun menciptakan ketidakseimbangan makro dan ekologis (Chapra, 1992;hlm. 33)
  • Ekonomi islam tanggapan pemikir-pemikir muslim terhadap tantangan ekonomi pada zamannya. Dalam upaya ini mereka dibantu oleh Al-qur’an dan Hadis, serta alasan dan pengalaman (Siddiq, 1992;hlm. 69)
  • Ekonomi islam adalah suatu ilmu aplikasi petunjuk dan aturan Syari’ah yang mencegah ketidakadilan dalam memperoleh dan menggunakan sumber daya material agar memenuhi kebutuhan manusia dan agar dapat menjalankan kewajibannya kapada Allah dan masyarakat (Hasanuzzaman,1984;hlm. 18)
  • Ekonomi islam memusatkan perhatian pada studi tentang kesejahteraan manusia yang dicapai dengan mengorganisasikan sumber daya di bumi ini atas dasar kerja sama dan partisipasi (Khan,1994;hlm. 33)


Menurut jati( 2004 ), terdapat 2 bagian besar ekonomi yang harus di pisahkan yaitu ilmu ekonomi dan sistem ekonomi.
Pertama ,yaitu pengaturan urusan masyarakat dari segi pemenuhan harta kekayaan dan kegiatan untuk memperbanyak jumlah barang dan jasa serta bagaimana strategi untuk menjaga pengadaannya (produksi).

Kedua , tidak di pengaruhi oleh banyak dan sedikitnya harta kekayaan, tetapi hanya berhubungan dengan tata kerja (mekanisme) pendistribusiannya.

1 Komentar untuk "PENGETIAN EKONOMI ISLAM"

Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
Link Alternatif : arena-domino.net
100% Memuaskan ^-^

Back To Top