PELAKU BISNIS DAN AKTIVITAS BISNIS

Pelaku Bisnis

Pada dasarnya, terdapat tiga jenis pelaku bisnis :
A. Pedagang: orang yang melakukan usaha.
B. Pebisnis atau pengusaha: orang yang melakukan bisnis.
C. Entrepreneur: orang yang melakukan wirausaha.

A. Karakteristik pedagang:
  1. Bidang usahanya biasanya tunggal, atau hanya satu.
  2. Tidak memiliki pegawai atau karyawan.
  3. Minim inovasi dan pengembangan usaha.
  4. Hanya menjalankan rutinitas usaha.
  5. Pendapatan hanya dari satu sumber, sehingga apabila sedang lesu, penghasilan berkurang.


B. Karakteristik pengusaha
  1. Sudah memiliki karyawan atau staf.
  2. Sudah memiliki struktur dan sistem bisnis.
  3. Memiliki sejumlah usaha.
  4. Hanya fokus di pengembangan usaha.
  5. Masih minim inovasi dan kreativitas.
  6. Pendapatan tidak hanya dari satu sumber sehingga sudah bisa saling menutupi.
  7. Meski ada sedikit usaha pengembangan, pengusaha masih menjalani rutinitas usaha dengan penghasilan tetap.
  8. Bila dibiarkan terus usahanya tanpa inovasi, lama kelamaan akan hancur tergerus perkembangan zaman.


Seperti yang sudah saya utarakan di atas, perkembangan zaman harus diantisipasi, supaya produk tetap laku dari masa ke masa, dan dapat menghadapi semua pesaing, serta selalu memenuhi harapan konsumen, contoh: bisnis bermula dari kaset tape, menjadi VCD, DVD, hingga hardisk. Bayangkan bila Anda sebagai penjual atau agen kaset tape yang tidak berinovasi, tentu akan tertinggal dan lama-lama gulung tikar.

C. Karakteristik entrepreneur
  1. Sudah memiliki karyawan atau staf.
  2. Sudah menjalankan bisnis secara sistematis dan terstruktur.
  3. Memiliki sejumlah usaha.
  4. Memiliki nafsu dan mabuk mengembangkan usaha.
  5. Berambisi memperluas bisnis.
  6. Memiliki inovasi dan kreativitas dalam usahanya.
  7. Pandai mengambil peluang usaha.
  8. Pendapatan bisa dari berbagai sumber usahanya.
  9. Rajin mencari terobosan-terobosan baru.


Ketika kita berpikir tentang pengusaha, yang terlintas adalah, Donald Trump, Bill Gates, atau jutawan dan miliader lainnya. Namun, mulai sekarang baiknya kita mula membiasakan diri, mengubah persepsi kita menjadi: Anda dan saya, kita semua.

Sebagai masyarakat umum atau biasa, janganlah berpikir bahwa bisnis itu hanya milik para pengusaha, tetapi berpikirlah bahwa kita juga bisa. Kegagalan dalam bisnis memang hal yang biasa, namun meminimalkan kegagalan pun sangat mungkin dilakukan. Perlu diingat juga bahwa semua bisnis memiliki lifecycle, atau seperti putaran roda. Setelah habis kemujarabannya, kita harus mulai lagi mabuk bisnis, yaitu mencoba segala jenis bisnis baru, agar tahu mana yang paling baik untuk menyembuhkan diri dari kemabukan.

Bila bisnis diibaratkan sebagai minuman memabukkan, maka ciri khas seseorang yang mabuk bisnis adalah :
  • Bisnis yang sedang dijalani stagnan atau gagal.
  • Berambisi untuk terus mencari bisnis baru.
  • Melahap semua peluang yang ada tanpa mengukur kemampuan diri.
  • Berhenti pada bisnis yang sesuai dan menguntungkan, tapi akan mabuk lagi manakala menemui kebuntuan. Untuk itu, kita usahakan untuk segera sadar sebelum kita mabuk berat/ tidak sadarkan diri dalam bisnis, karena akan berakibat fatal. Mabuk memiliki konotasi yang negatif, dan tidak baik bagi tubuh, seperti mabuk cinta, mabuk kerja, termasuk mabuk cari uang, maka dari itu, jangan sampai kita mabuk bisnis.


Kita tahu pemerintah sekarang sedang mabuk dengan segala macam permasalahan, baik bencana, pertempuran elite politik dan persiapan menuju 2014. Apa mungkin bisa fokus memikirkan pembaca, yaitu para generasi muda yang tengah mencari jati diri? Maka dari itu, kita harus bisa memandirikan diri, baik dengan dukungan pemerintah maupun tidak.

Kebanyakan para pencari bisnis sudah mabuk seminar, karena semua seminar dicoba “diminum” sampai over dosis, sehingga sampai-sampai bingung menentukan bisnis apa yang hendak dijalani. Dalam berbisnis, jangan sampai kita salah minum, sebab kalau sudah mabuk berat, susah menyadarkannya. Dibutuhkan waktu yang lama, sebab bisnis memang bukan sesuatu yang mudah.

Bisnis memabukkan yang harus dihindari :
  • Usaha dengan modal besar tapi minim kreativitas.
  • Mengikuti semua seminar usaha yang hanya berisi imingiming sehingga kita jadi tidak fokus dan tidak yakin dengan bisnis kita sendiri.
  • Usaha dengan melibatkan keluarga (sebisa mungkin dihindari).
  • Memilih dan menjalankan usaha yang sama sekali di luar kemampuan kita.
  • Mencoba ditulari virus usaha dari orang yang memiliki “golongan darah” yang berbeda (Beda jenis usahanya.)


Minuman atau makanan yang memabukkan identik dengan sumber daya manusia (SDM) dan jenis usaha. Kalau makan banyak tapi tidak didukung air SDM yang memadai, kita bisa tersedak, seret di leher, bahkan ekstremnya, bisa mati. Kalau mabuk bisnis, bisa-bisa kita gulung tikar. Oleh karena itu, masing-masing calon pengusaha harus punya takaran minuman tersendiri. Kalau perlu, dituangkan oleh orang yang ahli, yang nyambung, dan memiliki chemistry yang baik dengan kita.

AKTIVITAS BISNIS
Bisnis terdiri dari berbagai macam tipe, dan, sebagai akibatnya, bisnis dapat dikelompokkan dengan cara yang berbeda-beda. Satu dari banyak cara yang dapat digunakan adalah dengan mengelompokkan bisnis berdasarkan aktivitas yang dilakukannya dalam menghasilkan keuntungan.
  • Manufaktur adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang mentah atau komponen-komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti mobil atau pipa.
  • Bisnis jasa adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible, dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan. Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog.
  • Pengecer dan distributor adalah pihak yang berperan sebagai perantara barang antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasi-konsumen adalah distributor atau pengecer. lihat pula: Waralaba
  • Bisnis pertanian dan pertambangan adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman atau mineral tambang.
  • Bisnis finansial adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal.
  • Bisnis informasi adalah bisnis menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan-kembali properti intelektual (intelellectual property).
  • Utilitas adalah bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik, seperti listrik dan air, dan biasanya didanai oleh pemerintah.
  • Bisnis real estate adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan cara menjual, menyewakan, dan mengembangkan properti, rumah, dan bangunan.
  • Bisnis transportasi adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi yang lain.
1 Komentar untuk "PELAKU BISNIS DAN AKTIVITAS BISNIS"

Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
Link Alternatif : arena-domino.net
100% Memuaskan ^-^

Back To Top